Apa yang perlu diperhatikan dalam proses Indeksasi jurnal ke Web of Science

Kolom yang berisi informasi tentang jurnal / publikasi / tata kelola / OJS dan lain-lain, dalam bentuk File / Link
Post Reply
faizal
Posts: 73
Joined: 01 Feb 2017, 11:00
Location: Salatiga
Contact:

Apa yang perlu diperhatikan dalam proses Indeksasi jurnal ke Web of Science

Post by faizal »

Apa yang perlu diperhatikan dalam proses Indeksasi ke WOS

Berikut ini adalah screenshot list ideal sebuah jurnal yang ingin terindeks di Web of Science. Screenshot ini adalah sharing pengalaman editor jurnal Korea yang berada di Q2 di scopus bernama Sun Huh. Dia adalah editor jurnal korea terindeks ESCI We of Science bernama Archives of Plastic Surgery. Terdapat 15 poin penting untuk mencapai level indeks yang lebih tinggi setelah mencapai ESCI (Emerging Sources Citation Index) menuju SCIE (Science Citation Index Expanded).
Image

Dari 15 poin ini ada beberapa hal yang penting:

- Jurnal setidaknya terbit 3 edisi secara reguler dan setidaknya menerbitkan 20 naskah dalam satu tahun.

- Jurnal harus diterbitkan dalam bahasa Inggris dengan kualitas editing bahasa level internasional.

- Waktu submit sampai publish kurang dari satu tahun.

- Anggota dewan editor minimal dari 15 negara.

- Dalam satu edisi diversitas penulis setidaknya dari 10 negara.

Khusus untuk submission jurnal dari Indonesia yang submit ke web of science. ada beberapa tips and tricks yang penting untuk dipersiapkan.
1. Jangan pernah menampilkan info berbahasa indonesia di web site termasuk judul-judul naskah di table of contents. Jika didapati oleh editor WoS ada judul berbahasa lokal langsung kena rejection dalam 2 minggu. Sebaiknya yang tampil di table of contents dan semua info di web harus berbahasa Inggris.
2. Untuk tampilan PDF boleh full text dalam bahasa lokal seperti bahasa Indonesia tapi pastikan judul, abstrak dan kata kunci dibuat dwi bahasa Inggris dan Indonesia. Dan juga wajib ada referensi berbahasa Inggris di bibliografi dan body text.
3. Jumlah terbitan per issue harus konsisten. Jika terbit 6 naskah per issue dari awal jika ada yang 7 atau 8 atau 5 naskah ada direject oleh team WoS.
4. Cek betul-betul grammar di web journal. Pernah ada jurnal yang direject karena salah dalam menulis ”research consent” dituliskan ”research concern”.
5. Pastikan identitas asli responden disembunyikan. Jangan menyebut nama asli dan umur responden tapi seizin mereka.
6. Publication ethics harus ada novelty dan tidak boleh mengkopi dari publication ethics jurnal lain. Semua bentuk rejection dari editor WoS selalu mengatakan publication ethics tidak boleh meniru dari jurnal lain tapi sayangnya team WoS tidak pernah menyebutkan seperti apa contoh poin ideal. Dibandingkan dengan team Scopus mereka lebih mudah dan ringan dalam menyatakan syarat journal inclusion dan sebagai indexing internasional kita bisa belajar setidaknya ada tujuh poin yang idealnya dinyatakan dalam laman publication ethics.

Image

SOURCE: Apa yang perlu diperhatikan dalam proses Indeksasi ke WOS
Faizal Risdianto,S.S,M.Hum
Mobile: 0856-4201-9501
E-mail: risdiantofaizal@gmail.com
REGISTER JOURNAL
https://s.id/registerjournal
Image
https://www.pegiatjurnal.com/

Post Reply