[Sharing] Pengalaman update policy di DOAJ

Diskusi mengenai inklusi ke database DOAJ, berbagi pengalaman ketika mendaftar, dan penolakan oleh DOAJ.
pramudya
Posts: 66
Joined: 31 Dec 2016, 18:25

[Sharing] Pengalaman update policy di DOAJ

Post by pramudya »

Salam, Bapak - Ibu pengelola jurnal

Izinkan saya berbagi sedikit pengalaman tentang update policy dan beberapa informasi di DOAJ.

pertama, saya adalah salah satu pengelola Jurnal kajian Bimbingan dan Konseling (JKBK) http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk/index

sewaktu pertama kami apply ke DOAJ, laman web kami adalah http://journal.um.ac.id/index.php/bk/index (sekarang sudah ditutup). Nah, pada tahun 2017 kami pindah ke http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk/index

Setelah pindah "rumah", salah satu agenda kami adalah update informasi mengenai JKBK di web DOAJ https://doaj.org/toc/2503-3417 yang masih mencantumkan alamat lama web kami. Waktu itu kami mengirim pemberitahuan ke feedback@doaj.org bahwa web kami pindah. Pihak DOAJ membalas surat kami dengan beberapa pertanyaan terkait URL policy jurnal kami. Setelah kami jawab, beberapa hari kemudian semua informasi di laman DOAJ tentang jurnal kami telah berubah.

Nah, beberapa minggu yang lalu kami kembali melakukan update policy. Beberapa yang kamu laporkan dalam update adalah:
Pemberlakuan APC
Penggunaan Garuda sebagai digital archiving
Penggunaan DOI
Penambahan bahasa full text
Hal yang kami lakukan sama dengan ketika kami pindah web, kami melapor ke feedback@doaj.org. Setelah beberapa hari, kami mendapat balasan bahwa update policy sekarang dapat dilakukan langsung pada web DOAJ di bagian publisher area setelah kita login ke akun kita di DOAJ.

Awalnya kami bingung, dan sempat bertanya ke salah satu ambassador DOAJ Indonesia. Setelah buka-buka bagian publisher area, akhirnya kami menemukan bagian bertuliskan Submit an update di bagian pojok kanan bawah informasi mengenai jurnal kita seperti pada gambar berikut:
► Show Spoiler
Nah, setelah klik tombol Submit an update, muncul tampilan seperti saat kita apply DOAJ untuk pertama kalinya.

Pada update request ini, ada beberapa bagian yang tidak bisa dirubah. Setelah kami melakukan beberapa perubahan, dan kami klik submit. Kami mendapat email bahwa permohonan sudah diterima.

Seminggu kemudian kami mendapat email ulang bahwa informasi mengenai JKBK di DOAJ telah terupdate

Begitulah sedikit pengalaman saya ketika mengupdate informasi ttg jurnal di DOAJ.

Terima kasih