[LAPORAN] JURNAL DI INDONESIA YANG DI HACK

Kolom untuk diskusi mengenai tata kelola jurnal baik berupa pengalaman dari instansi ataupun pribadi anggota.
Post Reply
andri.putra.kesmawan
Posts: 164
Joined: 31 Dec 2016, 19:19
Location: Yogyakarta
Contact:

[LAPORAN] JURNAL DI INDONESIA YANG DI HACK

Post by andri.putra.kesmawan »

Selamat Pagi.
Salam sejahtera untuk semuanya.
Pagi ini saya mencoba menuliskan informasi ini setelah tadi malam diberitahu kolega soal Jurnal-jurnal di Indonesia yang kena "Hack" dan atau mungkin jurnalnya ada backdoor nya. Saya juga diberitahu bahwa persoalan ini adalah kurang telitinya Tim TI yang tidak mengikuti panduan install OJS di servernya. Padahal, jika diamati ini sangat berbahaya untuk keamanan website jurnalnya dan bahkan website perguruan tinggi/ kampusnya.

Ide ini bermula ketika tadi malam saya belajar mengenai CSS, "oprek" CSS untuk bahan diskusi Hari sabtu di Program Belajar OJS. Harapan saya pribadi, dengan menyampaikan informasi seperti ini, terdengar oleh tim TI jurnalnya dan atau teman-teman lainnya menyampaikan informasi ini ke "pemilik" jurnalnya. Sehingga segera di "amankan" website jurnalnya.

Saya juga sampaikan informasi menarik di forum ini:
>>Memperbaiki Jurnal (OJS) yang di HACK https://forum.relawanjurnal.id/viewtopic.php?f=7&t=213 (login ke forum ini dulu ya)
>>Meningkatkan Keamanan OJS dengan penambahan Script. https://forum.relawanjurnal.id/viewtopic.php?f=7&t=221

Berikut informasi jurnal-jurnal yang terindikasi kena "Hack" dan atau mungkin jurnalnya ada backdoor nya: googling aja, masukkan key ini index.of/ "files/journals/" site:id (phtml)

Terimakasih banyak, mohon sampaikan jika kenal dengan pemilik jurnal tersebut ya.
APK
yujiem

Post Reply