Clarivate mengumumkan perubahan pada Journal Citation Report tahun 2023

Kolom yang berisi informasi tentang jurnal / publikasi / tata kelola / OJS dan lain-lain, dalam bentuk File / Link
Post Reply
faizal
Posts: 61
Joined: 01 Feb 2017, 11:00
Location: Salatiga
Contact:

Clarivate mengumumkan perubahan pada Journal Citation Report tahun 2023

Post by faizal »

Image

Mulai dari rilis JCR 2023, Journal Impact Factors (JIF) akan diperluas ke semua jurnal Web of Science Core Collection termasuk bidang seni dan humaniora.

Hari ini kami (Web of Science) dengan bangga mengumumkan bahwa dalam rilis Journal Citation Reports™ tahun 2023, semua jurnal Web of Science Core Collection™ akan menerima Journal Impact Factor (JIF)™. Ini berarti memperluas JIF dari Science Citation Index Expanded (SCIE)™ dan Social Science Citation Index (SSCI)™ dengan memasukkan jurnal dari Arts and Humanities Citation Index (AHCI)™ dan bidang keilmuan multidisiplin Emerging Sources Citation Index (ESCI)™.

Laporan Kutipan Jurnal tahunan (Journal Citation Reports) memungkinkan komunitas riset, penerbit, dan pustakawan untuk mengevaluasi dan membandingkan dampak ilmiah dari jurnal berkualitas dunia dengan menggunakan berbagai indikator, data deskriptif, dan visualisasi.

Kami telah membuat keputusan untuk menampilkan JIF untuk semua jurnal yang di-indeks di Web of Science Core Collection sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan kami terhadap integritas catatan ilmiah. Untuk mempercepat laju inovasi, penyandang dana penelitian, lembaga, dan peneliti harus mampu membuat keputusan berdasarkan data berkualitas yang dapat mereka percayai. Proses seleksi ketat kami memungkinkan kami untuk menjauhkan jurnal yang tidak dapat dipercaya dari indeks kami, yang, ditambah dengan kurasi data kami yang cermat, berarti bahwa komunitas riset dapat mengandalkan data dan metrik dalam Laporan Kutipan Jurnal (Journal Citation Reports).

Menampilkan catatan semua jurnal berkualitas Faktor Dampak Jurnal akan memberikan transparansi penuh pada artikel dan kutipan yang telah berkontribusi pada dampak, dan oleh karena itu akan membantu mereka menunjukkan nilainya kepada komunitas riset.

Dengan memperluas JIF ke semua jurnal yang telah lulus kriteria kualitas Web of Science yang ketat, peningkatan terbaru ini juga membantu menyamakan kedudukan untuk semua jurnal berkualitas termasuk jurnal yang baru saja diluncurkan, jurnal akses terbuka (open access journal), jurnal dengan niche atau lingkup yang berfokus pada regional. dan jurnal dari Global South.

Keputusan ini sejalan dengan posisi kami bahwa publikasi di semua jurnal berkualitas, bukan hanya jurnal yang banyak dikutip, tapi juga harus memenuhi syarat untuk dimasukkan dalam penilaian penelitian.

Ini berarti bahwa:

1. Hampir 9.000 jurnal – dari lebih dari 3.000 penerbit, banyak di antaranya adalah penerbit kecil dari negara berkembang – akan memiliki JIF untuk pertama kalinya.

2. Akan ada peningkatan 8% dalam jurnal gold open access yang akan memiliki JIF.

3. Akan ada minimal 5% peningkatan jurnal dari Global South[1] yang akan memiliki JIF.

Selain itu, Journal Citation Reports rilis 2023 akan menampilkan JIF dengan satu tempat desimal, bukan tiga tempat desimal saat ini, untuk mendorong pengguna mempertimbangkan indikator lain dan data deskriptif di JCR saat membandingkan jurnal.

Tidak ada perubahan yang akan dilakukan pada JCR hingga rilis tahunan berikutnya pada Juni 2023.

Kami telah berkonsultasi secara luas di seluruh komunitas kami sebelum mengumumkan perubahan ini; ini termasuk diskusi individu dengan penerbit, pustakawan dan ahli bibliometrik serta survei komunitas kuantitatif global. Kami senang bahwa hingga saat ini, umpan baliknya sangat positif. Kami mendorong siapa pun yang memiliki umpan balik atau pertanyaan lebih lanjut tentang perubahan yang direncanakan untuk menghubungi kami di ISI@clarivate.com.

Source: https://clarivate.com/blog/clarivate-an ... s-release/
https://www.pegiatjurnal.com/2022/07/cl ... -pada.html
Faizal Risdianto,S.S,M.Hum
Mobile: 0856-4201-9501
E-mail: risdiantofaizal@gmail.com
REGISTER JOURNAL
http://journalregister.iainsalatiga.ac.id/
Image
https://www.pegiatjurnal.com/

Post Reply