1. Melaui website DOI Crossref
Jika kebetulan kita tidak mempunyai akses ke email depositor (langkah nomor 2) kita bisa melihat langsung melalui website DOI Crossref, caranya adalah:
a) Login ke http://doi.crossref.org dengan username dan password crossref
b) Klik Submission administration
c) Kosongkan saja form yang ada dan klik Search
d) Klik ID (nomor) yang ada, secara urutan, tampilan yang paling atas adalah proses aktivasi yang terbaru
e) Maka akan tampil pesan (Message)
https://www.youtube.com/watch?v=rqQOCRdUreE
2. Melalui NOMOR DOI Pada OJS (Abstrak view)
Ini cara yang cukup mudah, tinggal kita klik nomor DOI yang ada pada artikel, jika ketika diklik membawa ke halaman yang sama berarti berhasil. Namun jika ketika diklik malah masuk ke website DOI Not Found maka itu berarti gagal.
Untuk lebih jelasnya, langkah-langkahnya adalah
a. Buka salah satu artikel yang sudah diaktivasi
b. Cari Nomor DOI nya, biasanya ada di bawah bagian Reference
c. Klik Nomor DOI tersebut
d. Jika membawa kembali ke halaman yang sama berarti berhasil
e. Jika gagal maka tampilannya "DOI NOT FOUND", jika seperti itu maka dianggap GAGAL
3. Melalui Notifikasi Email Depositor
Notifikasi berhasil atau gagal juga diterima melalui email depositor (yang diisikan ketika setting DOI pada OJS). Misalnya:
Code: Select all
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<doi_batch_diagnostic status="completed" sp="ds5">
<submission_id>1430039385</submission_id>
<batch_id>ED_1533202917</batch_id>
<record_diagnostic status="Success">
<doi>10.30762/ed.v1i1.442</doi>
<msg>Successfully added</msg>
</record_diagnostic>
<batch_data>
<record_count>1</record_count>
<success_count>1</success_count>
<warning_count>0</warning_count>
<failure_count>0</failure_count>
</batch_data>
</doi_batch_diagnostic>
Code: Select all
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<doi_batch_diagnostic status="completed" sp="ds5">
<submission_id>1422086575</submission_id>
<batch_id>didaktika_1519187499</batch_id>
<record_diagnostic status="Failure">
<doi>10.30762/didaktika.v1.i1.p%p.2013</doi>
<msg>DOI: 10.30762/didaktika.v1.i1.p%p.2013 , contains invalid characters</msg>
</record_diagnostic>
<batch_data>
<record_count>1</record_count>
<success_count>0</success_count>
<warning_count>0</warning_count>
<failure_count>1</failure_count>
</batch_data>
</doi_batch_diagnostic>
Jika email tersebut tidak sampai ke penerima (depositor), maka pakai cara ke 3
Pada contoh di atas, proses aktivasi/update berhasil dilakukan, jika ada kegagalan sama seperti pada pengecekan melalui email tadi. Untuk beberapa kasus kegagalan dan alasannya beserta solusinya akan dijelaskan pada Thread Berikut.
Jika kasus bapak/ibu belum ada di sini silahkan reply di sini nanti akan coba saya bantu.