Saya bagikan pengalaman ketika jurnal yang saya kelola mendapat bantuan pengelolaan jurnal tahun 2016. Lumayan , dapat 67jt an cukup buat mengubah tampiran portal ejournal, workshop dewan editor, promosi jurnal, dan pelatihan tat kelola jurnal elektronik.
Pertama.
Baca dan pahami syarat2 pengajuannya. Ini penting, karena jika di syarat-syarat saja kita ngak terpenuhi, maka akan langsung di tolak. Apa syarat-syaratnya? Di Tahun 2017 syaratnya bisa dilihat di sini : http://ristekdikti.go.id/bantuan-pengel ... ahun-2017/ bisa buka kan?
Kedua.
Mulai mengisi form di arjuna (http://arjuna.ristekdikti.go.id/). Kalau belum punya akunnya di sana, buat dulu. Jika lupa password dan nggak bisa forgot password kirim email ke sini : fasilitasijurnal@ristekdikti.go.id sebutkan nama, email, nama jurnal dan nomor issn jurnal. Setelah bisa login pokoknya dilengkapi dan diisi saja.
1. Klik Tampilkan isi data-data terkait dengan jurnal. Masih bingung ngisinya? ada OAI itu disisi dengan alamat url jurnal ditambak oai dibelakangnya, misal journal.ugm.ac.id/jkap/oai. setelah lengkap klik perbaharui.
2. Klik Perbaikan data, jika ada data yang perlu diperbaiki.
3. Klik kelola terbitan, disana nanti pilih daftar terbitan, nanti akan muncul jurnal kita. Nah selanjutnya silakan klik evaluasi diri disebelah kanan usahakan poinnya yang real, jangan dinaik2 kan dan jangan direndah-rendahkan. Usahakan diatas 55 dan dibawah 65 ya. .
*karena saya belum bisa insert image di forum ini, maka silakan meraba-raba ya.
Ketiga.
Silakan masuk ke situs BTBI. Ini situsnya http://simlitabmas.dikti.go.id/btbi/index.aspx. Nah, data yang sudah diisikan di Arjuna akan diambil oleh BTBI danlangsung nampil di BTBI. Jangan heran ketika ada form yang ngak bisa di edit, itu ngeditnya di situsnya Arjuna.
Di BTBI ini silakan login dengan username dan password yang sama seperti login di Arjuna. Di situs BTBI inilah kita mesti merancang RAB dan berbagai kegiatan.
Jangan bingung ya, kalau kita pilih bantuan tatakelola jurnal nasional rab nya kisaran 50-70 an juta. Dan mesti dirinci per kegiatannya ada baseline, ada rencana ada target. mesti realistis lho ya.
Usahkaan kalau buat kegiatan itu kisaran bulan mei sampai Nvember ya. Ini untuk mengantisipasi kalau-kalau bantuan tersebut lambat cairnya. Kita-itung-itungan yuk.
Bulan Februari Ngajuin, taroklah Maret Pengumuman, kalau lolos april di panggil, di kumpulin di kasih tau cara penggunaan dana sekaligus ttd kontrak. Mei nunggu ya, juni, masih nunggu kali ya (nggak tau juga sih). Agustus pertengahan (di tahun 2016) baru cair. Jadi, siap-siapin aja dana talangan ya. Cairnya pun baru 70 persen. Silakan lari kencang ya, habiskan dana 70% dalam jangka 1 bulan. Habiskan dan laporkan penggunaannya di Situs BTBI. Nah di sini http://simlitabmas.dikti.go.id/btbi/pen ... gusul.aspx nanti di uploadlah berkas-berkas laporan penggunaan dana, mulai dari kwitansi, dokumentasi dan catatan-catatan harian. Enaknya ya itu, laporannya hanya di scan dan diunggah selesai. Pas habis penggunaan dana yang 70 persen, kita bisa langsung download dalam 1 file berkas-berkas yang sebelumnya sudah kita upload.
Keempat.
Jika lolos, gunakan dana tersebut sebaik mungkin, dan sesuaikan dengan rencana penggunaan dan target yang akan di capai. Karena, segungguhnya bantuan ini adalah bentuk dari persiapan sebuah jurnal menuju akreditasi. Semoga jurnal Bapak/ Ibu dapet bantuan ini dan selanjutnya dapat terakreditasi. Amiin.
Diskusi renyah silakan quote aja tulisan ini.
[Pengalaman] "Bantuan" Tatakelola Jurnal oleh Dikti
-
- Posts: 252
- Joined: 31 Dec 2016, 19:19
- Location: Yogyakarta
- Contact:
[Pengalaman] "Bantuan" Tatakelola Jurnal oleh Dikti
Andri Putra Kesmawan
Ketua Dewan Pengawas Relawan Jurnal Indonesia
andri.putra.k@mail.ugm.ac.id
https://andriputra.web.ugm.ac.id
Ketua Dewan Pengawas Relawan Jurnal Indonesia
andri.putra.k@mail.ugm.ac.id
https://andriputra.web.ugm.ac.id
-
- Posts: 34
- Joined: 31 Dec 2016, 19:17
- Location: Yogyakarta
- Contact:
Re: [Pengalaman] "Bantuan" Tatakelola Jurnal oleh Dikti
Cara daftar OAI bagaimana mas andri?
Re: [Pengalaman] "Bantuan" Tatakelola Jurnal oleh Dikti
Kegiatan yang diusulkan apakah ada spesifikasinya atau ketentuannya? Misal apakah bisa dalam RAB yang dirancang kita memasukkan rencana honor reviewer (misalnya)
-
- Posts: 252
- Joined: 31 Dec 2016, 19:19
- Location: Yogyakarta
- Contact:
Re: [Pengalaman] "Bantuan" Tatakelola Jurnal oleh Dikti
Kalau honor reviewer nggak ada. Yg ada honor editor 2 org dan asisten 2 org. Ini ada di panduan.ratodi wrote:Kegiatan yang diusulkan apakah ada spesifikasinya atau ketentuannya? Misal apakah bisa dalam RAB yang dirancang kita memasukkan rencana honor reviewer (misalnya)
Andri Putra Kesmawan
Ketua Dewan Pengawas Relawan Jurnal Indonesia
andri.putra.k@mail.ugm.ac.id
https://andriputra.web.ugm.ac.id
Ketua Dewan Pengawas Relawan Jurnal Indonesia
andri.putra.k@mail.ugm.ac.id
https://andriputra.web.ugm.ac.id
Re: [Pengalaman] "Bantuan" Tatakelola Jurnal oleh Dikti
OAI biasanya sudah otomatis aktif. Coba isi /OAI dibelakang nama jurnal.bianconeri wrote:Cara daftar OAI bagaimana mas andri?
Contoh alamat jurnal : http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JST/
OAI : http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JST/OAI
-
- Posts: 3
- Joined: 24 Feb 2017, 16:26
Re: [Pengalaman] "Bantuan" Tatakelola Jurnal oleh Dikti
Bagaimana cara memperoleh DOI number?